• (021)5523507, 5512948, 5513709
  • rsu@rsu.tangerangkab.go.id

Berita

Kenali Tanda Awal dan Gejala Kanker Paru

Kanker paru-paru membutuhkan waktu lama untuk memunculkan gejala-gejala kronis dan parah. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk mengetahui gejala awal kanker paru yang berbeda-beda untuk mengenali pengobatan dini dan tepat terhadap penyakit ini.

Semua tanda dan gejala yang muncul pada kasus kanker stadium awal harus diperhatikan dalam waktu singkat sehingga pengobatan dapat diberikan sekaligus. Setelah adanya tanda-tanda dan gejala, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis atau dokter Anda.

Menurut laporan statistik, kanker paru-paru menempati urutan pertama dalam hal tingkat kematian mayoritas baik untuk laki-laki atau perempuan. Inilah salah satu alasan utama mengapa praktisi medis dan orang yang terlibat dalam menjaga stabilitas kesehatan masyarakat berkeinginan untuk mengurangi terjadinya penyakit ini dengan memanipulasi lingkungan. Biasanya, kanker menjadi jelas saat seseorang menginjak usia 40 hingga 70. 

Saat sel-sel kanker menjadi ganas, maka disebut sebagai kanker paru-paru dalam tahap primer. Jika seseorang terserang kanker paru-paru dan ia bukan perokok dan juga tidak terkena bahan kimia dalam jangka panjang serta iritasi paru-paru, maka kanker itu mungkin berasal dari beberapa tempat lain di dalam tubuh. Ini berarti bahwa selain lokasi lain yang terkena, kanker juga mencapai paru-paru yang dikenal sebagai metastasis. Penyebaran kanker itu di paru-paru umumnya berasal dari tulang, perut, kelenjar getah bening, payudara, ginjal, kulit, usus besar, leher rahim dan bahkan testis.

Beberapa tanda umum dan gejala kanker adalah: batuk rejan yang tidak hilang dalam waktu beberapa minggu atau bulan, sakit dada, bronkitis atau pneumonia yang berulang, hemoptysis atau dahak bernoda darah, mudah lelah, penurunan berat badan yang disebabkan oleh anoreksia atau kehilangan nafsu makan, dan manifestasi paru-paru seperti dyspnea, suara serak dan mengi.

Kanker bisa sangat sulit terdiagnosis karena gejala-gejala awal seringkali ditoleransi karena dikira ini batuk biasa atau nyeri dada yang normal. Setelah tanda-tanda dan gejala awal muncul, seringkali kanker didiagnosis sudah berat atau telah menjalar ke bagian tubuh terdekat seperti kelenjar getah bening. Setelah diagnosis metastasis ini terjadi, sudah terlambat karena perkembangan penyakit telah terjadi.

Beberapa gejala yang jelas terlihat pada pasien kanker paru-paru adalah:

  • Disfagia atau kesulitan menelan - yang dianggap sebagai salah satu gejala kanker paru-paru serius. Untuk itu tidak diperbolehkan pasien kanker untuk menelan makanan dan bahkan cair. Kadang-kadang, ini dapat menyebabkan sesak napas.
  • Kelainan pada jari atau kuku seperti pertumbuhan berlebih dari jaringan di ujung jari yang mengakibatkan permukaannya tidak rata.
  • Ginekomastia atau perkembangan payudara pada pria.
  • Atrofi atau penyusutan otot.

Dari semua itu, tiga gejala utama yang berkaitan dengan kanker paru-paru yang tidak boleh dikesampingkan adalah:

  • Nyeri dada yang merupakan akibat dari batuk rejan atau bahkan karena pernapasan abnormal.
  • Hemoptisis atau batuk dengan dahak berdarah, yang mengindikasikan trauma sedang dialami oleh sistem pernapasan.
  • Sesak napas bisa terjadi jika ada penyumbatan di bronchioles atau tabung yang berfungsi sebagai jalan untuk oksigen.

Jika lebih dari satu dari gejala-gejala awal kanker paru-paru itu terjadi pada Anda, yang terbaik adalah Anda segera berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda berusia 40 tahun atau lebih

Sumber : Metronews.com

Komentar : 0

Isi Komentar






(Masukkan 6 kode diatas)

TYPE / KELAS RS

"Pada Tahun 2013 RSU Kab. Tangerang menjadi RSU Type B PENDIDIKAN" Selengkapnya...

Terbaru

Ruang Tunggu Pasien
Berada digedung IGD lama Selengkapnya...

Website Support Mobile
Kami Fasilitasi Website Support Mobile Agar memudahkan pasien untuk mendapatkan informasi Selengkapnya...

Aplikasi SIMRS
Aplikasi yang mencakup semua unit di RSU Kab. Tangerang Selengkapnya...

Kontak Kami

RSU Kabupaten Tangerang
Jl. A. Yani N0.9 Tangerang
Indonesia
Phone : (021) 5523507, 5512948, 5513709
Fax : (021) 5527104
PO. BOX : 635TNG 15111 TANGERANG
Email : rsu@rsu.tangerangkab.go.id

© SIMRS 2015
rsukabtng