• (021)5523507, 5512948, 5513709
  • rsu@rsu.tangerangkab.go.id

Instalasi Farmasi

Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) merupakan suatu departemen atau unit atau bagian disuatu rumah sakit dibawah pimpinan seorang apoteker dan dibantu oleh beberapa orang apoteker yang bertanggung jawab atas seluruh pelayanan kefarmasian yang terdiri atas pelayanan paripurna mencakup perencanaan, pengadaan, produksi, penyimpanan perbekalan kesehatan/sediaan farmasi, dispensing obat berdasarkan resep bagi penderita rawat tinggal dan rawat jalan, pengendalian mutu dan pengendalian distribusi dan penggunaan seluruh perbekalan kesehatan di rumah sakit serta pelayanan farmasi klinik umum dan spesialis mencakup pelayanan langsung pada pasien.

Instalasi Farmasi Rumah Sakit Kabupaten Tangerang berada di bawah wakil direktur pelayanan penunjang, ini telah mengikuti standar aturan Departemen Kesehatan RI. Karena IFRS membantu pelayanan obat-obatan dan alat kesehatan yang menunjang pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

JENIS PELAYANAN

PELAYANAN OBAT DAN ALAT KESEHATAN

No.

Lokasi Pelayanan

Waktu Pelayanan

1

Depo Rawat Jalan

07.00 WIB : 14.00 WIB

2

Depo Instalasi Gawat Darurat (IGD)

24 Jam

3

Depo Instalasi Gawat Darurat (IGD) dalam

07.00 WIB : 14.00 WIB

3

Depo Anyelir

07.00 WIB : 21.00 WIB

4

Depo Nusa Indah

07.00 WIB : 17.00 WIB

5

Depo OK Cito/Depan

07.00 WIB : 14.00 WIB

6

Depo OK Terencana/Belakang

07.00 WIB : 14.00 WIB

7

Depo Instalasi Khusus Wijaya Kusuma (IKW)

07.00 WIB : 21.00 WIB


PELAYANAN FARMASI KLINIS

·           Pemberian informasi obat kepada pasien rawat jalan

·           Konseling pasien rawat jalan

·           Konseling pasien rawat inap

·           Konsultasi dengan team medis (Dokter dan Perawat)

·           Visite Mandiri ke ruang perawatan

·           Visite bersama team medis (Dokter dan Perawat)

·           Pembuatan leaflet obat, newsletter, poster

·           Pencampuran obat kanker (handling cytotoxic)

·           Penelitian

·           Bimbingan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ALUR PELAYANAN RESEP PASIEN UMUM

  1. Pasien mengambil nomor dan menuliskannya pada resep.
  2. Resep diserahkan kepada petugas farmasi.
  3. Petugas farmasi membaca resep kemudian diberi harga.
  4. Petugas farmasi memberikan tanda bukti pembayaran kepada pasien setelah pasien membayar resep.
  5. Jika terdapat obat yang tidak tersedia di depo maka dibuat copy resep.
  6. Jika sudah dibayar, maka dilakukan pengkajian resep
  7. Jika sudah sesuai, obat disiapkan sesuai resep oleh petugas farmasi sesuai dengan Protap Penyiapan Obat.
  8. Obat diserahkan kepada pasien oleh petugas farmasi disertai informasi obat

ALUR PELAYANAN RESEP PASIEN JAMKESMAS

  1. Pasien mengambil nomor dan menuliskannya pada formulir resep Jamkesmas.
  2. Pasien menyerahkan formulir resep disertai dengan Surat Jaminan Pelayanan (SJP) dan Surat Keabsahan Peserta (SKP) Jamkesmas.
  3. Petugas farmasi memeriksa kelengkapan berkas tersebut.
  4. Apabila terdapat kekurangan berkas maka pasien diminta untuk melengkapi kekurangan tersebut.
  5. Resep yang telah memenuhi persyaratan adminstrasi, dilakukan pengkajian resep sesuai dengan Prosedur Tetap Pengkajian Resep.
  6. Jika sudah sesuai, kemudian oleh petugas farmasi disiapkan obat-obatannya sesuai dengan Protap Penyiapan Obat.
  7. Pemberian obat-obatan diutamakan obat generik tetapi apabila tidak ada obat generiknya maka ditanyakan kepada dokter konsulennya apakah bisa diganti dengan obat lain dengan indikasi yang sama atau jika memang harus dengan obat tersebut maka diresep harus diberi keterangan mengenai diagnosis penyakit dan alasan diberikan obat tersebut serta harus ditandatangani oleh dokter spesialis. Obat tersebut harus mendapatkan persetujuan dari direktur atau wadir pelayanan apakah obat diberikan sesuai resep atau tidak.
  8. Obat diserahkan kepada pasien oleh petugas farmasi disertai informasi obat

ALUR PELAYANAN RESEP PESERTA ASKES

  1. Pasien mengambil nomor dan menuliskannya pada resep yang dibuat rangkap dua dan telah diverifikasi oleh PT. ASKES serta telah dilengkapi Surat Jaminan Pelayanan (SJP) PT. ASKES.
  2. Petugas farmasi memeriksa kelengkapan berkas tersebut.
  3. Apabila terdapat kekurangan berkas maka pasien diminta untuk melengkapi kekurangan tersebut.
  4. Petugas farmasi melakukan entry data Selain itu, dilakukan pengecekan apakah obat dalam resep termasuk dalam Daftar Plafon Harga Obat (DPHO) ASKES atau tidak.
  5. Obat yang tidak termasuk dalam Daftar Plafon Harga Obat (DPHO) PT. ASKES di buat copy resep.
  6. Untuk obat yang terdapat dalam Daftar Plafon Harga Obat (DPHO) PT. ASKES tetapi melebihi peresepan maksimal dan untuk obat-obat khusus harus dilengkapi dengan protokol terapi yang ditanda tangani oleh dokter yang memberikan terapi dan disetujui oleh PT. ASKES.
  7. Apabila obat telah mendapat persetujuan dari petugaS PT. ASKES maka dilakukan pengkajian resep. Jika sudah sesuai, kemudian oleh petugas farmasi disiapkan obat-obatannya
  8. Obat diserahkan kepada pasien oleh petugas farmasi disertai informasi obat sesuai dengan Protap Penyerahan Obat.

ALUR PELAYANAN RESEP PESERTA JAMSOSTEK

  1. Pasien menyerahkan resep disertai dengan berkas persyaratan kepada petugas farmasi (foto copy surat jaminan dari Jamsostek dan foto copy Kartu Peserta Jamsostek).
  2. Petugas farmasi memeriksa kelengkapan resep dan berkas tersebut.
  3. Apabila ada kekurangan berkas maka pasien diminta untuk melengkapi kekurangan berkas tersebut.
  4. Resep yang telah lengkap kemudian diverifikasi apakah obat termasuk dalam daftar obat Jamsostek atau tidak.
  5. Obat yang tidak termasuk dalam daftar obat Jamsostek diberi harga dan ditanyakan kepada pasien, apakah akan dibeli atau tidak.
  6. Apabila semua obat telah mendapat persetujuan dari pasien baik yang termasuk daftar obat Jamsostek atau tidak, maka dilakukan pengkajian resep sesuai dengan Prosedur Tetap Pengkajian Resep. Jika sudah sesuai, kemudian oleh petugas farmasi disiapkan obat-obatannya sesuai dengan Protap Penyiapan Obat
  7. Obat diserahkan kepada pasien oleh petugas farmasi disertai informasi obat sesuai dengan Protap Penyerahan Obat.

Informasi & Pelayanan Farmasi
Hotline Service : (021) 5512948 ext. 152 (Instalasi Farmasi)
atau 153 (Depo Obat Rawat Jalan)
atau 155 (Depo Obat IGD) 

TYPE / KELAS RS

"Pada Tahun 2013 RSU Kab. Tangerang menjadi RSU Type B PENDIDIKAN" Selengkapnya...

Terbaru

Ruang Tunggu Pasien
Berada digedung IGD lama Selengkapnya...

Website Support Mobile
Kami Fasilitasi Website Support Mobile Agar memudahkan pasien untuk mendapatkan informasi Selengkapnya...

Aplikasi SIMRS
Aplikasi yang mencakup semua unit di RSU Kab. Tangerang Selengkapnya...

Kontak Kami

RSU Kabupaten Tangerang
Jl. A. Yani N0.9 Tangerang
Indonesia
Phone : (021) 5523507, 5512948, 5513709
Fax : (021) 5527104
PO. BOX : 635TNG 15111 TANGERANG
Email : rsu@rsu.tangerangkab.go.id

© SIMRS 2015
rsukabtng