• (021)5523507, 5512948, 5513709
  • rsu@rsu.tangerangkab.go.id

Medical Record

Medical record adalah suatu sistem pencatatan riwayat kesehatan yang sangat berguna dalam dunia kesehatan. Fungsinya antara lain untuk memudahkan pasien bila hendak berganti dokter. Contoh kasusnya adalah seperti ini. Ketika si A yang berdomisili di Bandung mendadak sakit di kota lain, maka dia otomatis mendatangi dokter. Dokter ini tentunya dokter yang berbeda dengan dokter yang biasa didatanginya ketika sakit. Ini permasalahannya. Dokter di Bali ini belum tentu tahu catatan sakit apa saja yang pernah dialami si A. Hal yang dapat menimbulkan permasalahan lain adalah bisa saja data alergi obat tidak diketahui oleh di dokter baru ini. Selain fungsi tersebut, medical record juga kadang diperlukan untuk keperluan identifikasi seperti yang dilakukan oleh tim forensik Australia. Di dalam medical record juga ada data-data tambahan lain yang akurat dan memang dapat digunakan untuk identifikasi korban.

Indonesia memang belum menerapkan sistem medical record dengan sempurna. Masih banyak rumah sakit-rumah sakit maupun tempat-tempat praktek dokter yang menggunakan “kertas konvensional” dalam pencatatan data pasiennya. Data-data ini umumnya hanya menjadi data pribadi sang dokter saja. Kalaupun ada rumah sakit yang menerapkan medical record, biasanya hanya rumah sakit-rumah sakit internasional saja.

Salah satu akibat dari penerapan sistem medical record yang belum sempurna ini adalah kesulitan dalam menetapkan keakuratan dalam identifikasi korban. Hal yang dilakukan pemerintah Australia sudahlah benar. Dengan menunggu medical record, maka dapat benar-benar dipastikan identitas dari korban yang meninggal tersebut.

Sistem ini seharusnya sudah dapat dilaksanakan dengan baik di Indonesia. Dengan begitu proses identifikasi korban-korban dapat dilakukan dengan segera berdasarkan medical record dari korban. Apalagi mengingat akhir-akhir ini banyak sekali bencana yang melanda Indonesia dan menimbulkan korban yang tidak sedikit. Selain itu, permasalahan dengan Australia dapat dihindari dengan adanya penerapan sistem medical record lintas negara. Dengan otoritas khusus, Indonesia dapat masuk ke dalam sistem medical record negara lain. Cara seperti ini juga bisa mempercepat proses identifikasi untuk korban yang merupakan warga asing.

 

TYPE / KELAS RS

"Pada Tahun 2013 RSU Kab. Tangerang menjadi RSU Type B PENDIDIKAN" Selengkapnya...

Terbaru

Ruang Tunggu Pasien
Berada digedung IGD lama Selengkapnya...

Website Support Mobile
Kami Fasilitasi Website Support Mobile Agar memudahkan pasien untuk mendapatkan informasi Selengkapnya...

Aplikasi SIMRS
Aplikasi yang mencakup semua unit di RSU Kab. Tangerang Selengkapnya...

Kontak Kami

RSU Kabupaten Tangerang
Jl. A. Yani N0.9 Tangerang
Indonesia
Phone : (021) 5523507, 5512948, 5513709
Fax : (021) 5527104
PO. BOX : 635TNG 15111 TANGERANG
Email : rsu@rsu.tangerangkab.go.id

© SIMRS 2015
rsukabtng